Jan
13
2012

Kehamilan Minggu Ke-40

Apa yang terjadi pada janin?

Sekarang sudah agak sulit menggambarkan seberapa besar janin Anda. Tapi berat tubuh bayi-bayi baru lahir biasanya sekitar 3.19 kg, dengan panjang 50 cm lebih.Tulang tengkoraknya belum tersambung sempurna, ini karena tulang tengkorak itu dikondisikan agar bisa melewati jalan lahir. Makanya jangan heran jika setelah lahir, kepala bayi terlihat seperti kerucut atau lonjong. Ini kondisi normal dan hanya bersifat sementara, nanti kepalanya akan membulat sempurna.

Apa yang terjadi pada Mama?

Ternyata setelah menunggu berbulan-bulan, gejala-gejala melahirkan belum juga muncul. Beberapa ibu hamil memang ada yang seperti ini, usia kehamilan ‘harus lengkap’ dulu baru setelah itu bersalin. Masih ada beberapa minggu sebenarnya, tapi biasanya dokter akan melihat lewat USG apakah ada masalah atau masih harus menunggu beberapa hari lagi.

Lewat USG dokter akan melakukan pemeriksaan biophysical, untuk melihat pergerakan janin, gerakan bernafasnya (pergerakan otot dan rongga dadanya), penampakan otot-otot (apakah tangannya tertutup atau terbuka), juga melihat cairan ketuban yang membungkus janin (ini penting karena mendankan seberapa baik plasenta berfungsi).

Pemeriksaan detak jantung janin juga akan dilakukan. Jika tes janin ini tidak meyakinkan, misalnya jumlah cairan ketubannya sangat sedikit, maka Anda akan diinduksi. Jika ada masalah serius yang berisiko, Anda mungkin juga akan menjalani caesar (c-section).

Dokter juga akan melihat kondisi leher rahim, apakah sudah matang kondisinya; seberapa lunak, seberapa tipis dan apakah sudah terbuka.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

July 2017
M T W T F S S
« Sep    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31