Jan
13
2012

Kehamilan Minggu Ke-39

Apa yang terjadi pada janin?

Janin Anda sudah siap memberi salam pada dunia! Saat ini ia terus membangun lapisan lemak untuk membantunya menyesuaikan diri dengan temperatur diluar kandungan. Panjang tubuhnya sudah lebih dari 50 cm dengan berat tubuh kira-kira lebih dari 3.18 kg. Janin laki-laki biasanya lebih berat daripada janin perempuan. Lapisan terluar kulitnya mengelupas dan digantikan oleh lapisan kulit di bawahnya.

Apa yang terjadi pada Mama?

Di setiap kontrol mingguan, dokter kandungan Anda akan memeriksa perut untuk melihat posisi dan perkembangan janin. Dokter mungkin akan melakukan juga pemeriksaan internal, untuk melihat apakah leher rahim Anda sudah terlihat matang; melembut, menipis dan terbuka. Tapi meski dilengkapi dengan informasi di atas, dokter masih belum bisa memperkirakan kapan tepatnya janin Anda akan lahir.

Jika Anda sudah melewati tanggal perkiraan kelahiran, dokter akan menjadwalkan tes janin (biasanya menggunakan USG) setelah usia kehamilan 40 minggu. Ini untuk memastikan apakah tetap aman untuk melanjutkan kehamilan. Jika Anda tak juga kunjung bersalin, kebanyakan dokter akan melakukan induksi diantara satu atau dua minggu selewat tanggal perkiraan lahir. Bisa juga lebih cepat dari itu jika dokter melihat ada risiko besar yang mengancam ibu hamil.

Sementara Anda menunggu, sebaiknya tetap perhatikan pergerakan janin dan segera beritahu dokter jika ada kelainan. Janin biasanya akan tetap aktif sampai menjelang persalinan nanti, dan jika terjadi penurunan aktivitas itu boleh jadi ada masalah.

Juga, segeralah pergi ke rumah sakit jika ketuban Anda pecah. Pecahnya ketuban sebelum persalinan terjadi sekitar 8% dari periode kehamilan. Untuk menandakannya, jika Anda merasa ada sedikit cairan yang keluar terus menerus atau banyak cairan keluar dari vagina hingga membahasi pakaian dalam, itu menjadi penanda pecahnya ketuban.

Minggu ini mengapa tidak …

Membeli bra menyusui. Jika Anda berencana menyusui ASI Eksklusif 6 bulan, dan belum membeli bra menyusui, inilah saat yang tepat. Bawa sekalian bra itu ke rumah sakit saat akan bersalin nanti. Beli ukuran lebih besar sedikit, karena payudara Anda juga sudah lebih besar dari sebelumnya. Mungkin ukurannya naik satu sampai dua tingkat dari biasanya. Beli juga pad puting payudara, untuk menahan keluarnya ASI agar tak membasahi baju Anda.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

1 Comment + Add Comment

  • A plslaingey rational answer. Good to hear from you.

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930