Jan
13
2012

Kehamilan Minggu Ke-37

Apa yang terjadi pada janin?

Selamat, janin Anda sudah masuk usia penuh! Ini artinya, jika janin Anda lahir di minggu ini paru-parunya sudah sangat matang dan siap menyesuaikan diri untuk hidup diluar rahim meski jadwal kelahiran Anda masih tiga minggu lagi.

Berat janin sekarang sudah 2.75 kg dan tubuhnya sudah sepanjang kira-kira lebih dari 48 cm. Banyak janin, ketika dilahirkan memiliki rambut yang lebat, dengan panjang mencapai 1,5 sampai 3 cm. Tapi jangan heran kalau rambutnya terlihat tipis atau tampak lebih merah dibanding dengan Anda dan suami.

Apa yang terjadi pada Mama?

Kontraksi ‘Braxton Hicks’ atau kontraksi palsu mungkin sudah hadir di minggu ini, dan akan membuat Anda tak nyaman. Anda juga akan mendapati adanya perubahan pada vagina (terasa lebih tebal, basah, dsb).Jika Anda melihat flek darah atau cairan kental dengan sedikit darah, mungkin persalinan akan berlangsung beberapa hari lagi. Tapi jika warna darahnya jelas dan banyak, segera ke rumah sakit.

Tidak ada cara untuk memprediksi kapan persalinan benar-benar terjadi. Tubuh Anda sebenarnya sudah menyiapkan dirinya sendiri untuk persalinan. Anda mungkin tak menyadari apa yang sedang terjadi atau Anda mulai merasa bahwa sepertinya ada gejala lain ketika persalinan sudah dekat.

Inilah beberapa hal yang mungkin Anda alami dalam beberapa minggu atau hari menjelang persalinan:

  • Janin di posisi jalan lahir (kepala di bawah). Anda akan merasakan beban berat di panggul (pelvis), dan adanya tekanan tepat di bawah tulang rusuk.
  • Anda merasa ada kontraksi ‘Braxton Hicks’. Kontraksi yang sering dan intens bisa menjadi penanda persalinan dini, selama leher rahim sudah matang dan dan tahapan bukaan sudah benar-benar muncul. Beberapa ibu hamil merasakan kram, dan nyeri seperti mau mens.
  • Muncul ‘penyumbat lendir’. Ini adalah segumpal lendir yang menutup saluran leher rahim. Gumpalan ini dapat keluar selama beberapa hari. Lendirnya akan tampak ada sedikit darahnya berwarna coklat, merah muda atau merah.
  • Air ketuban pecah. Beberapa ibu hamil kadang mengalami kontraksi sebelum air ketubannya pecah. Tapi ada juga yang didahului dengan pecahnya ketuban. Jika ini terjadi maka persalinan akan segera terjadi. Kadang agak sulit membedakan kapan kontraksi benar-benar menjadi penanda terjadinya persalinan. Berikut beberapa hal yang mungkin dapat Anda jadikan patokan:
    • Kontraksi palsu tak bisa diprediksi. Kontraksi jenis ini datang dengan interval yang tak teratur,  dan durasi serta intensitasnya bervariasi. Sementara kontraksi yang benar meski awalnya tak teratur, lama-kelamaan akan menjadi teratur dan semakin pendek jarak jedanya, bertambah intens dan lebih panjang.
    • Kontraksi plasu, menimbulkan nyeri terpusat di perut bagian bawah. Sedangkan kontraksi asli, rasa nyeri dimulai dari belakang/punggung lalu menjalar hingga ke perut depan.
    • Kontraksi palsu biasanya akan mereda sendiri jika Anda memulai atau menghentikan aktivitas atau mengganti posisi tubuh. Sedangkan kontraksi asli akan terus menetap dan meningkat terus tak peduli apapun yang Anda lakukan.

Minggu ini mengapa tidak …

Iseng mencoba bagaimana merangkai car seat  bayi.  Jika Anda sudah punya kursi ini, sebaiknya gunakan saat Anda akan pulang ke rumah untuk membawa bayi. Karena meranagkainya membutuhkan cukup waktu, ada baiknya Anda mengenali perangkat ini termasuk cara merangkainya.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930