Jan
13
2012

Kehamilan Minggu Ke-36

Apa yang terjadi pada janin?

Bayi masih akan bertambah berat badannya, mungkin sekitar 28 gram perhari. Mungkin sekarang berat tubuhnya sudah mencapai kira-kira 2.7 kg. Janin sedang menyelimuti dirinya dengan cairan ‘vernix caseosa’, cairan lengket yang menutupi dan melindungi kulitnya dari cairan ketuban. Janin juga menelan dua cairan ini bersama hasil sekresi yang lain, menghasilkan kotoran hitam yang disebut meconium, saat setelah bersalin nanti.

Di akhir minggu ini, janin sudah dianggap cukup umur. Cukup umur atau cukup masa adalah diantara 37 sampai 42 usia kehamilan. Posisinya, kini mungkin kepalanya sudah berada di bawah. Jika belum, dokter akan meminta Anda melakukan beberapa tips untuk membuat janin pada posisi siap lahir atau memutar posisi bayi dengan menyentuh perut Anda.

Apa yang terjadi pada Mama?

Karena janin sudah menyesaki rahim, maka Anda sekarang tak lagi dapat makan dengan porsi normal. Porsi kecil tapi sering, adalah yang direkomendasikan. Sementara, Anda mungkin sudah tak lagi mengalami ‘heartburn’ dan agak sedikit lebih leluasa bernafas karena kepala janin sudah di jalan lahir. Kondisi ini, jika ini bayi pertama Anda, biasanya terjadi beberapa minggu sebelum persalinan.

Jika janin sudah di jalan lahir, Anda juga akan merasakan peningkatan tekanan di perut bagian bawah. Keadaan ini mau tak mau akan menggangu cara berjalan Anda, rasanya menjadi tidak nyaman. Selain itu Anda juga akan sering berkemih. Jika bayi sudah berada di posisi sangat di bawah, tekanannya akan terasa di vagina. Beberapa ibu hamil ada yang mengatakan, rasanya seperti membawa bola bowling diantara kedua kaki. Terbayang kan?

Meskipun Anda termasuk ibu hamil yang sangat menikmati kehamilan (dengan segala ketidaknyamanannya), sebaiknya hindari bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, atau pergi jauh dari rumah. Lagi pula beberapa maskapai penerbangan juga takkan mengijinkan ibu hamil di usia kehamilan lanjut, ikut terbang dengan pesawat mereka.

Minggu ini mengapa tidak …

Mulai memberi kabar. Buatlah daftar orang-orang yang Anda ingin bagi kabar gembira ini. Atau, cara yang gampang, Anda cukup memberitahu satu orang lalu minta tolong kepadanya untuk memberitahu teman-teman/kerabat Anda yang lain.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930