Oct
28
2011

Kehamilan Minggu Ke-29

Apa yang terjadi pada janin?

Berat janin kini sudah mencapai sekitar 1.15 kg dan panjang tubuhnya kira-kira mencapai 37 cm. Otot-ototnya dan parunya terus berkembang mematangkan diri, tengkorak kepalanya juga bertambah besar sebagai persiapan untuk berkembangnya otak yang terus terjadi.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, Anda harus banyak mengasup protein, vitamin C, asam folat dan zat besi. Dan karena tulang-belulangnya banyak membutuhkan kalsium, pastikan Anda rajin meminum susu, atau memakan keju, yogurt atau jus yang diperkaya vitamin.

Di trimester ini, sekitar 250 milligram kalsium akan diserap oleh tulang-tulang janin setiap harinya.

Apa yang terjadi pada Mama?

Janin sekarang sangat aktif. Dokter kandungan Anda mungkin akan meminta Anda menghitung, berapa kali dalam sehari janin melakukan gerakan menendang, dan memberi Anda instruksi bagaimana melakukannya. Beritahu dokter jika Anda mencatat ada peningkatan aktivitas.

Keluhan-keluhan seperti sembelit dan ‘heartburn’ mungkin akan muncul lagi saat ini. Pada beberapa ibu hamil, ada juga yang mengalami gangguan seperti wasir. Ini terjadi karena (sebab pengaruh hormon) pembuluh darah di sektar anus melemah. Ini gangguan yang umum terjadi dan biasanya akan hilang setelah ibu hamil melahirkan. Jika terasa gatal atau sakit, cobalah kompres dingin, atau konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Untuk mencegah sembelit, makanlah makanan yang kaya serat, cukup minum air dan olahraga teratur.

Beberapa ibu hamil mungkin mengalami juga ‘supine hypotensive syndrome’ atau ‘sindroma terlentang’. Ini keluhan pusing yang muncul ketika Anda mengubah posisi saat tidur terlentang. Tekanan pada jantung menyebabkan perubahan tekanan darah. Cobalah Anda tidur menyamping daripada terlentang, dan bangunlah dengan perlahan (tidak tiba-tiba).

Minggu ini mengapa tidak …

Membuat daftar barang-barang vital. Berikut ini adalah hal-hal yang Anda butuhkan selama minggu pertama setelah kelahiran, dan pastinya akan sulit dilakukan selama waktu itu. Jadi siapkan:

• Popok sekali pakai dan popok kain.

• Alat-alat perawatan bayi seperti gunting kuku, thermometer, dsb.

• Deterjen khusus bayi.

• Keperluan (popok, pembalut, dsb) sanitari untuk Anda sendiri.

• Tisu basah dan tisu kertas.

• Dsb

 

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930