Oct
21
2011

Kehamilan Minggu Ke-28

Apa yang terjadi pada janin?

Di minggu ini, berat janin sudah mencapai sekitar 1.2 kg dengan panjang tubuh sekitar 36,5 cm (dari kepala sampai tumit). Janin sudah dapat mengedipkan matanya. Seiring dengan perkembangan visualnya, janin sudah dapat melihat cahaya yang berasal dari luar rahim. Di otaknya kini juga berkembang jutaan sel saraf (neuron), dan lemak tubuhnya semakin bertambah banyak (sebagai persiapan kehidupannya di luar rahim nanti).

Janin meningkatkan berat badannya lebih dari 10 kali dalam 11 minggu. Namun selama 4 minggu terakhir ini, berat badanya meningkat sampai 2 kali. Pada akhir minggu ke-28, berat badan janin mencapai 1100 g, panjang badan-bokong janin mencapai 25 cm dengan total panjang 35 cm. Kulit tipis janin berwarna kemerahan dan dilapisi dengan verniks kaseosa. Produksi sel darah merah sudah dilakukan seluruhnya oleh sumsum tulang janin.

Janin masih bergerak aktif sekarang, namun sekitar minggu ke-32 gerak janin akan berkurang karena sempitnya ruang gerak bagi janin di dalam kantong ketuban. Hal ini terjadi karena janin yang semakin bertambah besar. Otak janin saat ini mengendalikan refleks pernapasan dan suhu. Janin sekarang memiliki rambut di kepalanya dan lanugo hampir menghilang seluruhnya dari tubuh kecuali di bagian punggung dan bokong. Sebagai respon terhadap suara, detak jantung janin akan semakin cepat apabila mendengar suara Anda.

Apa yang terjadi pada Mama?

Trimester ketiga dan terakhir baru saja dimulai. Jika Anda seperti kebanyakan ibu hamil lainnya, berat badan Anda mungkin sudah bertambah 5 kg sekarang.

Kalau diukur dari pusar, tinggi rahim Anda sekitar 10 cm di atasnya. Tapi, bila diukur dari tulang kemaluan sekitar 30 cm. Sampai usia ini, baik janin, rahim, air ketuban serta plasenta, masih terus ‘tumbuh’. Sejalan dengan pertumbuhan ini, adakalanya Anda merasa pegal-pegal atau nyeri di bagian belakang tubuh.

Ini peringatan bagi Anda untuk selalu menjaga postur atau sikap tubuh. Misalnya, jangan terlalu menekuk tubuh ke belakang sehingga pinggang Anda tertekuk dan menyebabkan sakit.

Saat ini, Anda akan dijadwalkan berkunjung ke dokter setiap 2 minggu sekali. Dan nanti, kalau sudah menginjak usia kehamilan 36 minggu, akan menjadi seminggu sekali. Selama periode ini, beberapa ibu hamil akan merasakan sensasi ’berat melangkah’, ini karena di kaki bagian bawah terasa berat untuk digerakkan. Jika sensasi ini kadang-kadang muncul jika Anda menggerakkan kaki, Anda mungkin mengalami apa yang disebut dengan ’restless legs syndrome’ (sindrom kaki loyo). Belum ada penelitian yang dapat memberitahu apa penyebab sindroma ini. Mengatasinya, cobalah rentangkan dan lakukan urut/pijatan di bagian itu, dan stop minum kopi yang dapat membuat keluhan memberat. Coba juga meminta resep suplemen pada dokter Anda untuk meringankan keluhan ini.

Kalau Anda mengalami semacam diabetes karena kehamilan atau gestational diabetes, maka dokter akan memeriksa kadar gula Anda secara teratur melalui urine. Jika Anda memiliki resiko yang lebih tinggi, Anda akan diberi tes penyaringan selama sekitar 28 minggu. Gejala-gejala diabetes ini bisa dikontrol dan diimbangi dengan  makanan sehat dan latihan teratur. Atau mungkin juga akan diberi obat.

Jika Anda memiliki RhD-negatif maka Anda akan diberi suntikan anti-D pada usia kehamilan 28 minggu. Langkah ini membantu mencegah masalah-masalah yang dapat menimbulkan anemia, penyakit kuning, dan kelainan hati dan jantung pada bayi di kehamilan berikutnya.

Rencanakan kelahiran si kecil dengan pasangan Anda. Buat list Rumah Sakit bersalin ataupun bidan yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Jika Anda ingin mengabadikan kelahiran si kecil, pilih handycam yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan gambar yang tajam. Anda dapat meminta pasangan untuk merekam ataupun menggunakan jasa pihak ketiga yang saat ini sudah banyak diiklankan. Jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan Anda selama di Rumah sakit dan perlengkapan si kecil saat pulang dari rumah sakit, ke dalam satu tas kecil. Simpan di mobil atau di tempat yang mudah terlihat agar memudahkan pasangan Anda untuk membawanya.

Minggu ini mengapa tidak …

Mulai memilih dokter anak untuk bayi. Beberapa ibu amat memedulikan reputasi dokter tertentu, karena memang ingin yang terbaik untuk bayinya. Mencari dan memilih dokter dapat Anda lakukan dengan banyak bertanya ke teman, sahabat, kerabat, tetangga atau langsung ke dokter kandungan Anda. Pastikan dokter yang Anda pilih itu berpraktik tidak terlalu jauh dari rumah Anda.

Rencana melahirkan:
-Siapa yang akan menemani selama di ruang bersalin
-Persiapkan pasangan jika ternyata Anda harus melahirkan secara caesar
-Apakah Anda menginginkan musik, aroma terapi atau lampu yang redup saat Anda menjalani persalinan?
-Apakah Anda ingin menggunakan obat penghilang rasa sakit?
-Apakah Anda ingin jalan keluar bayi di episiotomy atau robek secara alami?
-Pastikan si kecil mendapatkan inisiasi menyusui dini
-Pilih rumah sakit yang menyediakan fasilitas rooming in
-Sesuaikan kelas ruangan pemulihan dengan dana dan kenyamanan Anda

Tips untuk Ayah :

Trimester terakhir adalah trimester terberat bagi istri. Pastikan Anda terlibat dalam kesibukannya. Support dari ayah dapat mempermudah keluhan dan kesulitan ibu hamil. Dia akan memerlukan pendampingnya lebih dari biasanya. Anda dan istri dapat berbelanja untuk membeli segala kebutuhan bagi bayi, membeli pakaian hamil, atau membeli minyak untuk memijat kakinya.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930