Sep
30
2011

Kehamilan Minggu Ke-25

Apa yang terjadi pada janin?

Dari kepala sampai tumit, panjang janin sekarang sudah mencapai 33-34 cm dengan berat sekitar 650 gram. Kondisi kulitnya sudah lebih baik dari sebelumnya, sekarang tidak lagi terlihat keriput tapi sudah tampak seperti bayi baru. Rambutnya juga sudah tumbuh lebih banyak dari sebelumnya.

Apa yang terjadi pada Mama?

Perut Anda yang semakin ‘mancung’, tak lagi bisa disembunyikan. Puncak rahim berada 7 cm di atas pusar, atau sekitar 27 cm bila dihitung dari tulang kemaluan. Di minggu ini, gerakan janin mulai terasa lebih nyata dari sebelumnya. Terkadang terasa seperti ada yang menggulung lembut, dan di lain waktu seperti tendangan kecil ke dinding perut Anda.

Bukan hanya janin yang bertambah banyak rambutnya, juga Anda. Rambut Anda juga tampak lebih banyak dan berkilau. Ini bukan berarti rambut Anda tumbuh lebih banyak tapi rambut-rambut itu tumbuh memanjang lebih dari biasanya. Inilah efek dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Anda juga akan mendapatkan bahwa Anda tak lagi bisa bergerak sebebas sebelumnya. Tapi ini bukan berarti alasan untuk menghentikan olahraga, lakukan saja terus sepanjang Anda ikuti aturannya. Jangan latihan/berolahraga jika Anda sedang merasa kelelahan dan segera hentikan jika trasa pusing, ada nyeri atau sesak napas. Jangan tidur terlentang dan hindari jenis olahrga yang berpotensi mengganggu keseimbangan tubuh Anda. Pastikan, selama latihan/berolahraga, Anda cukup meminum cairan.

Jika Anda menjalani tes glukosa di usia kehamilan 24 sampai 28 minggu, saat itu darah Anda sebenarnya juga akan diperiksa untuk mencari kemungkinan Anda mengalami Anemia. Jika tes darah itu menunjukkan bahwa Anda mengalami kekurangan zat besi, dokter mungkin merekomendasi memberi suplemen zat besi untuk Anda.

Apakah Anda sudah mulai memilih nama untuk si calon bayi? Memilih-milih nama memang penting tapi sebaiknya lakukan dengan cara yang menyenangkan. Anda bisa mempertimbangakn menggunakan nama leluhur, tempat favorit atau menyontek dari nama-nama karakter tokoh di film-film favorit Anda. Untuk mudahnya Anda bisa membeli buku-buku atau mencari d internet tentang nama-nama bayi.

Minggu ini mengapa tidak …

Sediakan waktu untuk suami. Tak ada salahnya saat ini Anda mulai sedikit memerhatikan suami. Memberi hal-hal yang romantis untuknya mungkin dapat membuatnya terkesan. Coba tuliskan hal-hal yang Anda sukai darinya, katakan bagaimana ia nanti bisa menjadi ayah yang baik, atau sesekali ajak jalan-jalan ke mal sambil bergandengan tangan. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin untuk melakukan kontak fisik dan memperkuat hubungan emosional dengan suami. Coba lakukan hal itu setidaknya seminggu sekali.

Menghadapi kontraksi:
Di minggu ini bisa jadi Anda mengalami kontraksi yang disebut Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Ini bukan pertanda Anda akan segera bersalin tapi tak jarang membuat calon ibu menjadi panik. Berikut yang perlu Anda lakukan:
1. Tidak perlu panik, segera beristirahat atau berbaring.
2. Ambil nafas sambil menyentuh perut dengan kedua tangan. Arahkan perhatian kepada janin, lalu bernafaslah. Biasanya, kontraksi akan mereda, setelah beberapa menit.
3. Jika kontraksi tak juga mereda atau terjadi secara berulang, hubungi dokter atau bidan untuk memberitahu Anda mengalami kontraksi.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930