Sep
23
2011

Kehamilan Minggu Ke-24

Apa yang terjadi pada janin?

Janin berkembang sangat baik, ada pertambahan berat tubuh sebesar 115 gram. Ini membuat beratnya kini menjadi sekitar 0.45 kg. Panjang tubuhnya mencapai 23 cm. Postur tubuhnya sekarang terlihat lebih proporsional tapi masih terlihat kurus. Tak perlu kuatir dengan ini karena nanti lemak-lemak tubuhnya akan segera membuat ia tampak lebih montok.

Otaknya juga berkembang sangat cepat, dan bakal organ pengecapnya terus berkembang. Paru-parunya membangun percabangan sistem respirasi, begitu juga sel-selnya yang memroduksi cairan surfaktan, cairan yang akan membantu kantung udara paru-paru mengembang saat nanti ia menghirup udara (oksigen). Kulitnya masih terlihat tipis dan seperti tembus cahaya, tapi nanti akan berubah lebih baik.

Ia juga sudah mulai punya pola tidur sendiri. Anda pun dapat merasakannya. Coba perhatikan, ada waktu-waktu tertentu dia sangat aktif, sementara pada waktu lain jadi anteng.

Apa yang terjadi pada Mama?

Beberapa minggu lalu, ujung atas rahim berkembang mencapai batas pusar dan sekarang besarnya sudah seukuran bola kaki. Beberapa ibu hamil akan menjalani tes gula darah atau glucose challenge test (GCT) diantara minggu ini sampai minggu ke-28. Tes ini untuk mencari kemungkinan munculnya gangguan diabetes selama kehamilan (gestational diabetes), dimana kadar gula darah naik selama hamil. Diabetes kehamilan yang tak ditangani dengan baik berisiko menyulitkan kehamilan normal, sehingga harus dioperasi caesar. Ini karena janin tumbuh sangat besar, terutama tubuh bagian atasnya yang tak bisa melewati jalan lahir. Diabetes kehamilan juga berisiko menyebabkan bayi mengalami gangguan rendah kadar gula darah setelah dilahirkan. Hasil tes GCT positif tidak serta merta memvonis Anda sebagai penderita diabetes, Anda masih harus menjalani tes Glucose Tolerance Test (GTT) untuk memastikannya.

Pertambahan berat badan Anda pada minggu ini biasanya sekitar 7,2 – 9,9 kg. Dengan semakin besarnya rahim, terkadang muncul rasa pegal sedikit di daerah punggung atau pinggul, juga kram kaki dan agak pusing. Untuk mengatasinya, lakukan olahraga ringan, sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Minggu ini mengapa tidak …

Membereskan hal-hal yang berkaitan dengan keperluan bayi.
Diskusikan dengan suami Anda hal-hal apa saja yang perlu disiapkan menjelang kelahiran bayi;

  • Memasang dan mengetes pendingin udara di kamar bayi atau interkom satu arah;
  • Memeriksa dan membetulkan boks bayi yang konstruksinya kurang sempurna;
  • Mengecat ruangan, memasang gordyn , mengganti wallpaper, dsb

Jangan lupa mintalah suami yang mengerjakan itu semua!

Ini juga waktunya untuk merancang apa yang dibutuhkan bayi Anda.

  1. Baju bayi, pilih yang ukurannya standar, karena kita tidak akan tahu ukuran si kecil sampai dia lahir dari bahan yang menyerap keringat
  2. Kereta dorong banyak yang dapat di fungsikan sebagai stroller, ataupun car seat. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilih yang praktis di bawa dan mudah di lipat.
  3. Tempat tidur bayi. Jika bayi Anda di berikan kamar sendiri, pilih tempat tidur yang dapat digunakan sampai ia anak-anak.
  4. Kursi makan, pastikan memiliki sabuk pengaman dan tempat duduk yang nyaman untuk si kecil serta gampang di bersihkan. Kursi makan yang bisa di naik turunkan, dapat berguna sampai si kecil berusia 2 tahun.

Namun jangan terlalu bernafsu membeli barang-barang untuk si kecil. Pastikan sesuai dengan budjet dan kebutuhan Anda. Agar antara belanja dan kebutuhan sudah sesuai dengan yang diinginkan.

 

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930