Aug
26
2011

Kehamilan Minggu ke-20

Apa yang terjadi pada janin?

Berat tubuh janin mungkin sudah sekitar 340 – 350 gram sekarang. Panjang tubuhnya sudah mencapai sekira 15-17 cm dari kepala hingga pantat, dan sekitar 25 cm dari kepala hingga tumit. Di usia 20 minggu pertama, saat kaki janin menekuk ke arah perut dan sulit untuk diukur, pengukuran panjang tubuh dilakukan dari atas kepala sampai ke pantatnya. Setelah melewati usia 20 minggu barulah pengukuran dilakukan dari kepala hingga ke kaki.

Saat ini janin sudah lebih banyak menelan (air ketuban), yang mana bagus untuk latihan sistem pencernaannya. Janin juga sudah memroduksi meconium, kotoran hitam dan lengket yang berasal dari pencernaannya. Cairan hitam lengket ini akan menetap di usus besarnya, dan nanti Anda akan melihat itu berada di popok bayi di hari-hari pertama hidupnya. Kelopak mata dan alisnya mulai terbentuk, dan kuku di jari-jarinya juga sudah mulai tumbuh menutupi ujung jarinya.

Apa yang terjadi pada Mama?

Selamat, Anda sudah berada setengah perjalanan kehamilan Anda. Bagian atas rahim Anda sekarang sudah serata dengan pusar Anda, dan bobot tubuh Anda akan bertambah sekitar 4,5 kg.

Pastikan juga Anda mendapatkan cukup asupan zat besi dan mineral yang dibutuhkan terutama untuk memroduksi haemoglobin (bagian dari sel darah marah yang membawa oksigen). Selama hamil, tubuh Anda memerlukan lebih banyak zat besi untuk menjaga tubuh karena meningkatnya volume darah, juga janin yang berkembang juga plasenta.  Daging merah adalah salah satu sumber terbaik zat besi untuk ibu hamil. Produk-produk peternakan dan kerang juga mengandung zat besi. Sumber makanan non-daging yang mengandung zat besi misalnya kacang polong, kedelai, bayam, sari buah, kismis dan sereal yang diperkaya zat besi.

Jika ini kehamilan pertama Anda, mungkin ada baiknya Anda mengikuti kelas-kelas persalinan. Kelas ini akan membantu Anda melalui persalinan dengan mudah. Rumah sakit biasanya punya kelas-kelas persalinan.

Seiring dengan perkembangan persalinan, Anda mungkin akan merasa sulit tidur. Terkait dengan ini, Anda juga akan terkejut mendapatkan perubahan-perubahan seperti:

• Anda tidur mengorok, untuk pertama kalinya selama hidup Anda. Ini terjadi karena hormon estrogen yang meningkat dan membuat produksi liur lebih banyak. Apa yang perlu dilakukan? Tidurlah menyamping dan sangga kepala Anda.

• ‘Heartburn’ (kerongkongan yang terasa panas karena asam lambung naik ke atas) mungkin akan mengganggu acara tidur Anda. Apa yang harus dilakkan? ; hindari memakan makanan yang memicu ‘heartburn’, makanlah 2-3 jam sebelum waktu tidur dan cobalah tidur setengah berbaring atau menyangga bagian punggung Anda.

• Kram kaki, ketika Anda sedang tidur nyenyak. Apa yang harus dilakukan? ; luruskan segera kaki Anda, tekuk bagian jari ke dalam atau berjalanlah selama beberapa menit di sekitar tempat tidur.

• Berkali-kali mencari posisi tidur yang menyamankan. Apa yang harus dilakukan? ; tidur menyamping dengan lutut ditekuk dan bantal di antara kaki. Untuk mendapatkan kenyamanan lebih, taruh bantal di sekitar perut dan punggung.

• Banyak berkeringat di tengah malam. Ini kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil, karena memang banyak perubahan terjadi pada metabolisme tubuh, hormon dan berat tubuh. Apa yang harus dilakukan? ; atur kamar Anda dengan pendingin udara atau kipas angin.

• Susah bangun dari tempat tidur. Apa yang harus dilakukan? ; berguling dulu ke samping bibir tempat tidur, turunkan kedua kaki dan dorong tubuh menggunakan tangan Anda. Letakkan kaki dengan benar, lalu bedirilah perlahan.

Minggu ini mengapa tidak…

Manjakan tubuh Anda. Anda sudah berada di pertengahan kehamilan, maka manjakan tubuh Anda dengan hal-hal yang menyenangkan dan menyamankan. Perlu tambahan ide?

• Untuk kenyamanan, cobalah menyalakan lilin aromaterapi, memakai gaun tidur atau piyama baru atau pijat kehamilan di spa ibu hamil.

• Sebagai kenang-kenangan, buatlah foto diri saat Anda hamil, atau membeli bingkai cantik sebagai tempat foto pertama si bayi nanti (untuk sementara Anda bisa menaruh hasil cetakan USG si kecil).

• Agar merasa tetap seksi, belilah pakaian-pakaian yang menurut Anda dapat membuat Anda tampil lebih seksi.

Hadapi kehamilan di masa ini:

1. Berpikir dan berperasaan positif;
2. Ajak suami mencari kelas pranatal bareng;
3. Cari tahu segala tentang stimulasi tumbuh-kembang si kecil sejak dalam kandungan bareng suami;
4. Sadari, kini titik keseimbangan Anda telah bergeser dan Anda mudah sekali jatuh atau tergelincir. Jadi, bergeraklah secara perlahan dan hati-hati.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930