Aug
19
2011

Kehamilan Minggu Ke-19

Apa yang terjadi pada janin?

Otak janin sudah khusus didesain untuk memiliki area dimana bau, rasa, pendengaran, penglihatan, dan perabaan dapat dilakukan oleh janin (bayi). Beberapa riset mengatakan bahwa janin sudah dapat mendengar suara Anda. Karenanya jangan sungkan-sungkan untuk membaca buku keras-keras, berbicara padanya, atau menyanyikan lagu untuknya.

Berat tubuh janin sekarang sudah mencapai 255 gram dengan panjang tubuh kira-kira mencapai 14-15 cm. Kedua lengan dan kakinya sudah terlihat proporsional. Ginjalnya terus melanjutkan memproduksi urin, dan rambut kepalanya juga sudah mulai bertumbuhan.

Apa yang terjadi pada Mama?

Tubuh Anda sudah bertambah besar. Dalam beberapa minggu ke depan mungkin pertambahannya akan semakin besar. Sebagai akibatnya, Anda mungkin akan merasakan nyeri di bawah perut atau nyeri seperti ditusuk-tusuk di sisi perut (terutama saat berganti posisi tubuh atau setelah melakukan aktivitas). Persendian tulang yang menopang rahim akan sedikit merentang untuk mengakomodasi berat tubuh Anda. Kondisi ini bukan sesuatu yang perlu dikuatirkan, tapi cobalah ke dokter jika nyeri-nyeri tadi tidak juga hilang setelah Anda bersitirahat.

Pinggang Anda sudah betul-betul ‘hilang’ tak berbatas lagi, penampilan Anda sudah sempurna sebagai wanita hamil. Tinggi rahim sekitar 21 cm dan pertambahan berat badan sekitar 3,5 – 6,3 kg. Jika aktivitas Anda lebih banyak bertumpu di kaki, tak jarang kaki Anda menjadi bengkak.

Anda juga akan memperhatikan bahwa kulit Anda berubah. Apakah telapak tangan Anda terlihat merah? Tak perlu kuatir, karena itu efek dari produksi estrogen ekstra. Anda juga akan menemukan ada noda hitam atau kulit yang menggelap, ini karena ada peningkatan pigmen yang bersifat sementara. Jika noda hitam itu muncul di bibir bagian atas, dagu dan dahi, itu disebut chloasma atau ’topeng kehamilan’. Anda juga mungkin akan melihat puting payudara sedikit menghitam, muncul bintik-bintik hitam, goresan di bawah ketiak, bawah paha, dan di kemaluan. Garis hitam yang ada di bawah perut sampai ke tulang kemaluan disebut dengan linea nigra atau ’garis hitam’.

Semua noda hitam tadi akan memudar segera setelah Anda melahirkan. Sementara itu, lindungi diri Anda dari sinar matahari langsung. Lindungi kepala dan wajah Anda dengan topi atau krim pelindung kulit saat Anda keluar rumah di siang hari. Membuat ’tipuan’ riasan juga bisa Anda lakukan untuk menutup noda hitam di wajah.

Minggu ini mengapa tidak …

Mulai mencari perawat anak. Mungkin terdengar terlalu cepat, tapi ada baiknya Anda sudah harus mulai mencari orang yang dapat membantu Anda setelah bersalin nanti. Mungkin babysitter. Persalinan dan sesudahnya adalah masa-masa yang amat melelahkan untuk calon ibu. Anda sangat memerlukan bantuan untuk mengurus bayi juga rumah tangga. Anda bisa mencarinya ke yayasan-yayasan babysitter,bertanya pada teman atau mungkin kerabat.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930