Aug
12
2011

Kehamilan Minggu Ke-18

Apa yang terjadi pada janin?

Dari kepala sampai kaki, panjang tubuhnya sudah mencapai kira-kira 12-14 cm dengan bobot tubuh sekitar 260 gram. Ia sudah mulai sibuk menggerakkan lengan dan kakinya. Peredaran darahnya juga bisa dilihat dari balik kulit tipisnya. Telinganya sudah berada di posisi akhir, meskipun keduanya masih terlihat sedikit jauh dari bagian depan wajahnya.

Selubung pelindung bernama myelin mulai menyelubungi saraf-sarafnya, proses ini akan terus berlanjut sampai beberapa tahun ke depan ia lahir. Jika janin berkelamin perempuan, rahim dan saluran indung telurnya sudah terbentuk dan berada di tempatnya. Jika janinnya laki-laki, organ kelaminnya juga sudah ada, tapi mungkin akan sedikit sulit dilihat jika menggunakan USG.

Kulit tubuhnya tumbuh dua lapis. Epidermis, yang ada di permukaan, serta dermis yang ada di lapisan dalam. Pada minggu ini, bagian epidermis membentuk empat lapisan, yang salah satunya bertanggung jawab untuk membentuk sidik jari di tangan maupun di kaki.

Apa yang trjadi pada Mama?

Ada kabar gembira, selera makan Anda kini sudah meningkat. Karenanya pilihlah makanan-makanan yang kaya nutrisi daripada hanya makan yang banyak kalorinya (banyak terdapat di snack; keripik kentang, permen, kentang goreng, dll). Memilih pakaian-pakaian yang menyamankan saat ini menjadi satu keharusan, seiring dengan membaiknya selera makan dan ukuran pinggang yang membesar.

Sistem kardiovaskular Anda sedang menuju perubahan dramatis, dan selama trimester ini tekanan darah Anda mungkin akan lebih rendah dari biasanya. Karenanya jangan bangun terlalu cepat setelah Anda berbaring atau duduk, kalau tidak Anda akan merasa pusing.

Mulai sekarang, ketika Anda berbaring, sebaiknya berbaring miring. Sebab, bila Anda berbaring terlentang, kandungan akan menekan pembuluh darah vena yang akan membuat aliran darah ke jantung melambat. Cobalah meletakkan bantal di bawah atau disamping pinggang atau kaki bagian atas untuk menyamankan posisi tidur Anda.

Jika Anda belum pernah menjalani USG, Anda akan segera menjalaninya. Prosedur USG akan membantu dokter Anda melihat pertumbuhan-perkembangan janin, memastikan bahwa tak ada kelainan pada janin, melihat kondisi plasenta dan tali pusat, lalu memastikan apakah perhitungan hari kelahiran sesuai jadwal, serta untuk melihat apakah Anda mengandung janin kembar atau tidak. Selama pemeriksaan, nanti Anda akan melihat janin Anda bergerak atau sedang mengisap jempol tangannya. Ajak suami Anda untuk ikut melihatnya, dan pastikan Anda meminta cetakan gambarnya untuk dimasukkan ke album foto Anda!

Dokter dalam kunjungan kali ini biasanya akan mengukur tinggi rahim. Informasi ini berguna salah satunya untuk menentukan kapan janin bisa dilahirkan. Jika tinggi rahim jauh dari ukuran normal, biasanya doker akan melakukan pemeriksaan lanjutan. Calon Mama yang berisiko diabetes juga akan disarankan dokter menjalani tes toleransi glukosa dengan pengambilan darah

Minggu ini mengapa tidak …

Coba untuk ikut kelas persalinan. Ada banyak jenis kelas-kelas persalinan yang mungkin dapat Anda lihat-lihat dulu. Ada kelas yang dilakukan setiap minggu, ada juga yang hanya diselenggarakan dalam satu hari. Rumah sakit dimana Anda rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, biasanya punya kelas persalinan yang dapat Anda ikuti.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

1 Comment + Add Comment

  • wowwwwwwwwwwwwwwwwww….
    moga aja semua nya lancar ya….
    aminnnnnn

Leave a comment

Categories

July 2017
M T W T F S S
« Sep    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31