Jul
30
2011

Kehamilan Minggu Ke-16

Apa yang terjadi pada janin?

Bersiaplah untuk merasakan lompatan pertumbuhan janin. Dalam beberapa minggu ke depan berat badan janin akan bertambah dua kali lipat dari berat badannya sekarang, begitu juga dengan panjang tubuhnya. Sekarang, panjang tubuhnya sudah 10-11 cm. Kakinya tumbuh lebih cepat, kepalanya sudah lebih terlihat menjulur, dan kedua matanya sudah bergeser ke arah depan wajahnya. Telinganya, juga mendekati posisi ideal. Pemolaan kulit kepalanya sudah dimulai, kuku jari-jemarinya mulai tumbuh.

Di bagian dalam tubuhnya pertumbuhan juga terjadi sama baiknya. Jantungnya kini sudah dapat memompa sekitar seperempat darah setiap hari, dan semakin hari jumlah darah yang dipompa akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Apa yang terjadi pada Mama?

Bagian atas rahim sudah berkembang hingga antara tulang kemaluan sampai ke pusar. Sendi-sendi tulang yang mengikat bagian tadi sekarang bertambah padat dan terentang seiring dengan perkembangan rahim tadi. Sekarang, rasanya menjadi lebih nyaman, tak ada lagi keluhan-keluhan seperti di trimester pertama lalu. Mual berkurang, sudah tak lagi moody dan yang lebih menyenangkan, kulit kini terlihat halus kembali.

Nanti Anda akan segera mengalami sebuah pengalaman paling indah dari kehamilan, yakni merasakan pergerakan janin. Beberapa ibu mungkin akan dapat merasakan gerakan janin sebelum usia kehamilan 16 minggu, tapi sebagian ibu lain mungkin baru merasakan di usia kehamilan 18 minggu. Jika kehamilan ini adalah kehamilan pertama Anda, boleh jadi Anda baru akan merasakan gerakan janin di usia kehamilan 20 minggu. Gerakan-gerakan janin itu mungkin akan terasa seperti denyutan, gelembung udara atau seperti popcorn yang meletup. Di minggu berikutnya, setelah janin bertambah besar dan kuat, Anda akan merasakan gerakannya lebih sering.

Minggu ini mengapa tidak…

Merencanakan momen romantis bersama suami. Nanti, saat bayi sudah lahir, Anda dan suami akan kesulitan mencari waktu untuk berduaan . Di trimester ini, jangan lewatkan setiap kesempatan dimana Anda berdua dapat bermesraan berdua saja. Sebab, jika usia kehamilan sudah menginjak trimester ketiga, Anda tak lagi memiliki kesempatan. Anda akan sering merasa letih dan mengalami keluhan-keluhan kesehatan. Jika tak bisa pergi keluar rumah, rancang aktivitas yang dapat Anda lakukan berdua di dalam rumah, mungkin makan malam dengan memesan makanan khusus atau menonton dvd bersama.

Comments

comments

About the Author: Hanum Vine Meilliza

Leave a comment

Categories

September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930